Kamis, 04 Juni 2020

Trik Jitu Mengubah PTK Menjadi Buku Bersama Ibu Hati Nurahayu

Dibuat oleh :
Siti Nurhayati, S.Pd.SD
SDN Dawung 1, Kecamatan Jenar
Kabupaten Sragen



Pada hari Rabu tanggal 03 Juni 2020 tepatnya pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB saya mengikuti jadwal kuliah malam secara online bersama seorang editor handal yaitu ibu Hati Nurahayu. Beliau adalah sosok yang sangat menginspirasi, memberikan wawasan baru dan  pengetahuan yang luar biasa.
Sebelum materi kuliah di mulai semua peserta di wajibkan untuk mengisi daftar hadir secara online.
Adapun materi kuliah pertemuan ke 2 ini adalah tentang “ Menerbitkan Buku Dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas “Seperti pada pertemuan pertama kemarin, kuliah di bagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama pemaparan dari ibu hati Nurahayu dan sesi kedua yaitu tentang tanya jawab yang di pandu oleh moderator handal yaitu ibu fatimah.
Saya mendapatkan ilmu baru yaitu bagaimana cara mengubah PTK menjadi sebuah buku. Dalam mengubah PTK menjadi sebuah buku, penting sekali memperbanyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. Atau lebih memperluas isi bacaannya, tentunya berdasarkan sumber yang relevan atau kata kunci dari PTK kita.
Berikut ini adalah ringkasan materi dari ibu hati Nurahayu :

  1. Untuk persyaratan kenaikan pangkat biasanya seorang guru harus membuat PTK. Menurut ibu Hati Nurahayu, membuat PTK itu gampang gampang susah dalam menyusun atau menentukan latar belakang PTK, karena itu merupakan titik awal yang menentukan untuk PTK yang dilakukan.
  2. Manfaat dari PTK yang di bukukan, ternyata selain mendapat nilai PAK untuk kenaikan pangkat bisa juga di jadikan bahan literasi untuk bacaan
  3. PTK yang bisa di jadikan buku minimal sudah di seminarkan di sekolah atau MGMP, lebih bagus lagi kalau PTK yang sudah mendapat juara.
  4. Langkah – langkah yang perlu di lakukan untuk membuat buku dari PTK :
  • Bagian awal, lembar pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan foto, daftar bagan, daftar lampiran.
  • Bagian isi,
  1. Bab 1 : Pendahuluan
  2. Bab 2 : Kajian Pustaka
  3. Bab 3 : Pelaksanaan Penelitian
  4. Bab 4 : Hasil dan Pembahasan
  5. Bab 5 : Kesimpulan dan Saran
  • Bagian akhir, daftar pustaka dan lampiran-lampirannya
Kesimpulan dari ibu Hati Nurahayu adalah supaya karya tulis ilmiah kita menjadi lebih bermanfaat mari kita jadikan buku yang memiliki ISBN daripada hanya berupa file PTK.
 

5 komentar:

  3.3.a. 10 . Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid 3.3.a. 10 . Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Mu...