Kamis, 09 Juni 2022

 

3.2.a.10 Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA

 

Judul Modul               : Mewujudkan Suasana Kelas yang Aman, Nyaman dan Menyenangkan

Nama Peserta            : Siti Nurhayati, CGP Angkatan 4 Kab. Sragen

 

A.     Latar Belakang:

Selama ini proses kegiatan pembelajaran disekolah saya, saya  merasa belum nyaman dan menyenangkan. Salah satu penyebabnya adalah pengaturan tempat duduk yang selalu menghadap ke papan tulis, selalu menghadap ke depan, sehingga murid-murid mengeluh kurang nyaman, apalagi menyenangkan. Untuk mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan tentu membutuhkan sentuhan dari penghuni kelas (murid) untuk mengelola lingkungan kelas, melalui kebersihan, keindahan, kerapian, dan keamanan. Dengan lingkungan kelas yang disesuaikan sesuai dengan keinginan murid tentu akan menjadi pemicu kenyamanan murid selaku penghuninya.


B.     Tujuan:

Menciptakan lingkungan kelas nyaman dan menyenangkan yang mendukung optimalnya proses pembelajaran berpihak pada murid.

C.     Tolok Ukur:

1.   Murid mampu menggali hal-hal yang disukai dan tidak dari lingkungan kelasnya;

2.   Murid mampu mengatur lingkungan kelas menjadi lebih menyenangkan untuk mendukung proses pembelajaran;

3.   Suasana kelas menjadi lebih aman dan nyaman;

4.   Proses pembelajaran menyenangkan dan berbihak pada murid

D.    Linimasa Tindakan

1.  Buat Pertanyaan  (Minggu ke- 1)

a  Menggali cita-cita dan harapan murid terhadap suasana/lingkungan kelas impian;

c  Melibatkan murid untuk menginventarisasi kekuatan dan potensi yang dimiliki.

2.  Ambil Pelajaran (Minggu ke- 2)

a  Meminta murid mengidentifikasi hal-hal yang disukai dan tidak disukai dari lingkungan kelasnya;

b  Meminta murid melihat contoh tata ruang kelas yang baik dan nyaman di media internet.

3.  Gali Mimpi (Minggu ke- 2)

a  Menciptakan kelas tetap/tidak berpindah agar suasana belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan berkoordinasi dengan manajemen sekolah

b  Menanyakan pendapat kepada setiap murid tentang kondisi kelas yang menyenangkan bagi mereka;

Membuat rancangan pengaturan kelas bersama murid.

4.  Jabarkan Rencana (Minggu ke- 3)

a  Membuat capaian target dari hasil koordnasi dengan manajemen sekolah;

b  Membuat capaian target yang realistis untuk setiap murid;

c  Meminta murid merencanakan jadwal pengaturan ruang kelas;

d  Membagi tugas murid dalam pengaturan lingkungan kelas.

5.   Atur Eksekusi (Minggu ke- 4)

a  Menyusun tim kerja;

b  Menyepakati tenggat penyelesaian pekerjaan masing-masing tim;

E.     Dukungan yang Dibutuhkan

1.      Alat kebersihan didapatkan melalui koordinasi dengan pihak sekolah (bagian sarpras) atau dengan gotong royong murid yang membawa sendiri alat kebersihan dari rumah;

2.      Alat dan bahan untuk memperindah ruangan dengan berkoordinasi dengan pihak sekolah atau murid bergotong royong membawa dari rumah terkait penyiapan ATK. ATK yang dibutuhkan misalnya: kertas manila, spidol warna, crayon, selotip, pensil, lem, kertas post-it, gunting, penghapus whiteboard, dll;

3.      Dukungan dari:

a  Kepala sekolah: koordinasi

b  Rekan sejawat: keterlibatan aksi

c  Orang tua murid: mendukung putra putrinya

d  Murid: subyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  3.3.a. 10 . Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid 3.3.a. 10 . Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Mu...