3.2.a.10
Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA
Judul
Modul : Mewujudkan
Suasana Kelas yang Aman, Nyaman dan Menyenangkan
Nama
Peserta : Siti Nurhayati, CGP Angkatan 4 Kab. Sragen
A. Latar Belakang:
Selama ini proses kegiatan pembelajaran disekolah saya, saya merasa belum nyaman dan menyenangkan. Salah satu
penyebabnya adalah pengaturan tempat duduk yang selalu menghadap ke papan
tulis, selalu menghadap ke depan, sehingga murid-murid mengeluh kurang nyaman, apalagi
menyenangkan. Untuk mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan tentu
membutuhkan sentuhan dari penghuni kelas (murid) untuk mengelola lingkungan
kelas, melalui kebersihan, keindahan, kerapian, dan keamanan. Dengan lingkungan
kelas yang disesuaikan sesuai dengan keinginan murid tentu akan menjadi pemicu
kenyamanan murid selaku penghuninya.
B. Tujuan:
Menciptakan
lingkungan kelas nyaman dan menyenangkan yang mendukung optimalnya proses pembelajaran berpihak pada murid.
C. Tolok Ukur:
1. Murid
mampu menggali hal-hal yang disukai dan tidak dari lingkungan kelasnya;
2. Murid
mampu mengatur lingkungan kelas menjadi lebih menyenangkan untuk mendukung
proses pembelajaran;
3. Suasana
kelas menjadi lebih aman dan nyaman;
4. Proses pembelajaran menyenangkan dan berbihak pada murid.
D. Linimasa Tindakan
1. Buat
Pertanyaan (Minggu ke- 1)
a Menggali cita-cita dan harapan murid
terhadap suasana/lingkungan kelas impian;
c Melibatkan murid untuk
menginventarisasi kekuatan dan potensi yang dimiliki.
2. Ambil
Pelajaran (Minggu ke- 2)
a Meminta murid mengidentifikasi hal-hal
yang disukai dan tidak disukai dari lingkungan kelasnya;
b Meminta murid melihat contoh tata ruang
kelas yang baik dan nyaman di media internet.
3. Gali Mimpi (Minggu ke- 2)
a Menciptakan kelas tetap/tidak berpindah
agar suasana belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan berkoordinasi
dengan manajemen sekolah
b Menanyakan pendapat kepada
setiap murid tentang kondisi kelas yang menyenangkan bagi mereka;
Membuat
rancangan pengaturan kelas bersama murid.
4. Jabarkan
Rencana (Minggu ke- 3)
a Membuat capaian target dari
hasil koordnasi dengan manajemen sekolah;
b Membuat capaian target yang
realistis untuk setiap murid;
c Meminta
murid merencanakan jadwal pengaturan ruang kelas;
d Membagi tugas murid dalam
pengaturan lingkungan kelas.
5. Atur
Eksekusi (Minggu ke- 4)
a Menyusun
tim kerja;
b Menyepakati tenggat
penyelesaian pekerjaan masing-masing tim;
E. Dukungan yang Dibutuhkan
1. Alat kebersihan
didapatkan melalui koordinasi dengan pihak sekolah (bagian sarpras) atau dengan gotong
royong murid yang membawa sendiri alat kebersihan dari rumah;
2. Alat dan bahan untuk memperindah ruangan dengan berkoordinasi
dengan pihak sekolah atau murid
bergotong royong membawa dari rumah terkait penyiapan ATK. ATK yang dibutuhkan
misalnya: kertas manila,
spidol warna, crayon, selotip, pensil, lem, kertas post-it, gunting, penghapus whiteboard, dll;
3.
Dukungan dari:
a Kepala sekolah: koordinasi
b Rekan
sejawat: keterlibatan aksi
c Orang
tua murid: mendukung putra putrinya
d Murid: subyek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar