Senin, 04 April 2022

 TUGAS PROGRAM GURU PENGGERAK

2.3.a.9 Koneksi Antarmateri – Coaching




 

OLEH

SITI NURHAYATI, S.Pd.SD

CGP ANGKATAN 4

KABUPATEN SRAGEN

 

Ø Buatlah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai peran anda sebagai penuntun ( Sistem Among ) atau seorang coach di sekolah atau seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di modul 2 yakni Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Emosi dan Sosial

gambar ki hajar.jpg

 


 

 

Ki Hadjar Dewantara menekankan bahwa pendidikan adalah proses “ Menuntun “  belajar murid untuk mencapai kekuatan kodrat anak sehingga dapat memperbaiki lakunya.

Sebagai seorang guru ( Coach ) harus dapat menuntun segala kodrat yang dimiliki murid agar ia mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Coaching menjadi proses yang sangat penting untuk di lakukan di sekolah. Proses coaching dapat membuat murid menjadi lebih merdeka dalam belajar, kebutuhan murid terpenuhi setiap individu ( Diferensiasi ) dan bisa di lakukan secara kolaboratif seluruh komunitas  sekolah ( Pembelajaran Sosial Emosional )

Ø Buatlah sebuah refleksi dari pemahaman atas keseluruhan materi modul

 2 .3 bagaimana keterampilan coaching dapat membantu profesi anda sebagai guru dalam menjalankan pendidikan yang berpihak pada murid

Apa itu Coaching?

-         Sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil serta sistematis, coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coache.

-         Kunci Pembuka potensi seseorang untuk memaksimalkan kinerjanya.

-         Coaching lebih kepada membantu seseorang untuk belajar daripada mengajarinya.

Apa yang membedakan mentoring, konseling dan coaching

No

Perbedaan

pengertian

1

Mentoring

Mnentoring membagikan pengalamannya untuk membantu mentee dalam mengembangkan diri.

2

Konseling

Konseling membantu konseli dalam memecahkan masalahnya

3

Coaching

Coaching mendorong coachee untuk dapat menyelesaikan atau menemukan masalahnya sendiri.

 

Apa saja kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang guru sebagai coach?

·        Keterampilan membangun dasar proses coaching

·        Keterampilan membangun hubungan baik

·        Keterampilan berkomunikasi

·        Keterampilan memfasilitasi Pembelajaran

Bagaimana komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar coaching ?

·        Hubungan saling mempercayai

·        Menggunakan data yang benar

·        Bertujuan untuk menuntun pada pihak untuk optimalisasi potensi

·        Rencana tindak lanjut atau aksi

Hal – hal apa saja yang harus di pahami dan dilatih untuk mendukung praktik coaching

·        Komunikasi assertif

·        Pendengar aktif

·        Bertanya aktif

·        Umpan balik positif

 

Langkah coaching model TIRTA antara lain :

1.     Tujuan utama pertemuan / pembicaraan

2.     Identifikasi masalah coachee

3.     Rencana Aksi

4.     Tanggung jawab dan komitmen

TIRTA berarti air, air mengalir dari hulu ke hilir, jika kita ibaratkan murid kita adalah air maka biarlah ia merdeka, mengalir lepas hingga ke hilir potensinya. Anda sebagai guru memiliki tugas untuk menjaga air itu tetap mengalir , tanpa sumbatan.

 

Coaching menuju merdeka belajar

Coaching menjadi proses yang sangat penting dilakukan di sekolah. Proses coaching dapat membuat murid menjadi lebih merdeka dalam belajar untuk mengeksplorasi diri, mencapai tujuan pembelajaran dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  3.3.a. 10 . Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid 3.3.a. 10 . Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Mu...